REDAKSI IPMAFA - Hari Jumat, 3 Desember 2021, bertempat di aula lantai II Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) menyelenggarakan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pati.

Acara yang dihadiri oleh Rektor, segenap Wakil Rektor, segenap Dekan, dan Kaprodi ini dimaksudkan menyepakati payung hukum dilakukannya kerjasama-kerjasama strategis antara IPMAFA dengan PCNU Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya Rektor IPMAFA menyampaikan beberapa hal penting, antara lain:

Pertama, bahwa salah satu tujuan didirikannya IPMAFA adalah memberikan kontribusi nyata bagi NU dan nahdliyin di Kabupaten Pati, sebagaimana hal itu merupakan wasiat dari salah satu muassis IPMAFA, KH. MA. Sahal Mahfudh. Kehadiran kampus berbasis pesantren dengan ideologi ahlussunnah nahdliyah ini harus benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh mereka.

Kedua, bahwa penandatanganan MoU saat ini sebetulnya bukanlah rencana maupun langkah awal dari bakti IPMAFA kepada NU nahdliyin, karena selama ini para dosen, para lulusan, dan mahasiswanya selalu menjadi bagian struktural kepengurusan NU di berbagai level, lembaga dan badan otonom (banom), setidak-tidaknya merupakan kader kultural yang selalu siap mendarmabaktikan diri pada jam’iyah. Penandatanganan ini hanya menjadi semacam formalisasi saja dari yang sudah berjalan secara kultural selama ini.

Ketiga, meskipun bersifat formalisasi, penandatanganan MoU menjadi sangat penting agar terwujud kerjasama yang lebih berdaya guna dan berhasil guna, karena dilakukan melalui langkah-langkah pengembangan yang terarah, sistematis dan strategis. Tujuh program studi di IPMAFA saat ini dan 17 lembaga di lingkungan PCNU Kabupaten Pati beserta banon-banomnya bisa segera menindaklanjuti MoU yang sudah ditandatangani.

"MoU hanya  akan berguna jika ditindaklanjuti dengan perjanjian-perjanjian kerja sama dan aksi nyata, baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pelatihan, pengembangan masyarakat, maupun bidang sosial keagamaan lainnya," tutur Gus Rozin.

Sementara itu Ketua PCNU Kabupaten Pati, Yusuf Hasyim, MSI, hadir bersama Ketua RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiyah) PCNU, Ketua LP Ma’arif PCNU, Ketua Lazisnu, pimpinan GP Ansor, IPNU, dan IPPNU. Hadir pula Ketua-ketua MWC dan Ketua-ketua Lazisnu MWC mitra.

Dalam sambutannya Ketua PCNU mengugkapkan bahwa dengan MoU ini, NU Kabupaten memiliki mitra strategis, terutama dalam bidang sumberdaya manusia. Dengan kemitraan ini kebermanfaat NU akan semakin luas dirasakan oleh umat.

Setelah  selesai penandatanganan MoU antara IPMAFA dengan PCNU Kabupaten Pati, acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Fakultas Syariah Ekonomi Islam (FSEI) IPMAFA dengan Lembaga Amil Zakat Infak Sadaqah (Lazisnu) Kabupaten Pati. Program yang dikerjasamakan sudah berjalan sejak bulan September lalu, yaitu Beasiswa Kuliah Kader Lazisnu Kabupaten Pati tahun 2021. Dalam program ini beberapa Lazisnu Majlis Wakil Cabang (MWC) yang menjadi mitra mengirimkan kadernya untuk menempuh pendidikan di IPMAFA, guna meningkatkan kemajuan lembaga masing-masing. (Zawa-Redaksi IPMAFA)


Share To:

Redaksi Ipmafa

Post A Comment:

0 comments so far,add yours