Sabtu, (20/5/17) Program Studi Managemen Zakat Wakaf (Zawa) Institut Pesantren Mathali'ul Falah (IPMAFA) mengadakan kuliah Fundraising dengan narasumber dari Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC) bersama Bapak Hamid Abidin, Jakarta. Dalam forum tersebut, Hamid mengisi mata kuliah fundraising dan network skills.

PIRAC sendiri merupakan organisasi sumber daya nirlaba dan independen yang memberikan pelayanan dalam bentuk penelitian, pelatihan, advokasi, dan penyebaran informasi di bidang filantropi dan penguatan organisasi masyarakat sipil di Indonesia dengan dukungan pendanaan dari lembaga donor, sumbangan masyarakat, dan usaha mandiri.

Dalam kuliah tersebut disimpulkan bahwa fundraising merupakan suatu aktifitas dimana orang menggalang dana / mengumpulkan dukungan masyarakat dengan cara menyadarkan mereka dalam mengatasi persoalan masyarakat luas dengan cara yang baik, tidak melanggar hukum, etika dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

"Ilmu Fundraising sangat penting dan dibutuhkan oleh Fundraiser untuk mengatasi mental blocking (Malu karena merasa meminta - minta). Padahal mengenai perumpamaan tangan diatas dan tangan dibawah, posisi kita ada di atas dari tangan yang diatas. Karena kita merupakan penggerak bagi calon donatur, tanpa kita belum tentu mereka tergerak hatinya untuk melakukan zakat, infak, sedekah, maupun wakaf". "Banyak yang menyebut profesi ini sebagai makelar surga", lanjutnya.

Yang paling dibutuhkan dalam Fundraising adalah bagaimana cara mengemas masalah beserta solusinya agar menggerakan hati calon donatur bahwa masalah mereka juga masalah kita bersama.
Fundraising ini sejalan dengan pemikiran Kiai Sahal tentang Fiqh Sosial mengenai zakat produktif (yang mengatasi masalah mustahiq) dan jika diterapkan dengan baik bisa memutus rantai kemiskinan.
"Fundraising merupakan bisnis kepercayaan. Sekali anda tidak dipercaya maka selesai, orang susah lagi untuk percaya."

Dalam fundraising, seseorang dituntut untuk mampu membuka mata publik terhadap persoalan persoalan akut yg terjadi di masyarakat, baik si bidang ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial secara umum, kemudian membuka pikiran (kesadaran kolektif) bahwa masalah tersebut harus diatasi, dan membuka hati untuk memberikan kontribusi bagi penyelesaian masalah masalah yang ada.

Adanya kuliah ini mengingat bahwa mata kuliah fundraising ini sangat urgens. Diharapkan dengan matakuliah ini, mahasiswa Prodi Zawa IPMAFA menjdi amil zakat yang mampu menggerakkan lembaga zakat dengan kemampuan fundraising tingkat tinggi dan mengembangkan jaringan secara luas dengan berbagai lembaga yang ada.
Share To:

Post A Comment:

1 comments so far,Add yours