Sabtu (11/11/2017) Prodi Managemen Zakat dan Wakaf IPMAFA mengadakan pelatihan manajemen zakat wakaf perdana di MA NU Miftahul Huda Pati. Pelatihan diikuti oleh para siswa Madrasan Aliyah Miftahul Huda dan sejumlah guru yang hadir dalam acara.
Pelatihan ini dilakukan agar para siswa maupun santri nantinya memiliki wawasan yang luas tentang zakat wakaf. Pengetahuan tentang zakat dan wakaf dirasa sangat penting agar tercipta kader-kader filantropi Islam yang lebih banyak sehinggal pengelolaan zakat semakin baik dan profesional. Zakat pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dari kehiupdan manusia khususnya masyarakat Muslim.
“Jika sholat adalah keshalihan ritual, maka zakat sebagai keshalihan sosial.”, tutur Dr Jamal Makmur, Kepala Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf IPMAFA.
Diharapkan dari pelatihan ini menjadi bekal bagi siswa siswi yang ingin menjadi generasi penerus amil zakat atau nadhir wakaf supaya lebih amanah, tabligh, fathonah dan profesional. Bukan hanya paham zakat dan wakaf dalam konteks ke-fiqhan tapi diharapkan lebih mampu untuk mengelola dalam konteks kekinian atau modern.
Jamal menambahkan bahwa seandainya MA NU Miftahul Huda bisa mendirikan Lazis (lembaga amil zakat) yang berbasis OSIS, ini tentu sangat baik karena siswa-siswi dapat diajari betapa pentingnya berzakat sejak dini.
Rencananya, pelatihan ini akan diadakan secara berturut-turut di berbagai lembaga pendidikan setingkat Madrasah Aliyah dan pesantren untuk mengedukasi para siswi maupun santri tentang pentingnya melaksanakan rukun islam ke 3 ini.
(Asfy – Ast)
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours